pengajian afdol agus mustofa

Beberapa Tips Untuk Candid Street Photography (2)

Menyambung 4 tips untuk candid street photography di post sebelumnya, di post ada beberapa tips / teknik tambahan lainnya:

buah sayur pasar pucang

5. Teknik video kamera

Satu teknik cerdik untuk memotret lebih candid di jalanan adalah dg pura2 syuting video.

Konsepnya gini, jalan aja sambil megang kamera pd posisi shooting – bisa dg mengintip viewfinder atau ngeliat LCD screen – secara konstan. Jalan pelan2, arahkan kamera ke sekeliling jalur perjalanan, pura2 syuting video. Kalo sudah dapet framing yg pas, dan subyek foto sudah masuk, klik.

Percayalah, pengguna jalan lebih cuek pd video dan lebih waspada pd jepretan foto orang nggak dikenal.

Program latihan: video 360 derajat

Coba pergi ke pusat keramaian, dan berdiri di tengah. Kemudian angkat kamera anda ke mata, jalan muter 360 derajat pelan2, dan ambil gambar apa saja yg ada di sekeliling anda. Anda bisa melakukan ini bahkan pd jarak yg sangat dekat dg orang lain. Pura2 syuting video panoramic. Coba perhatikan reaksi orang2.

6. Teknik memancing

Kalo anda browsing foto2 di instagram atau flickr dsb, dg keyword ‘in public’, disana anda bisa liat banyak foto yg dibuat dg teknik memancing. Cari background yg bagus, framing, kemudian tunggu seseorang masuk ke frame itu.

Dengan cara ini juga Henri Cartier Bresson membuat karya2 terkenalnya. Salah satunya foto sepeda di tikungan jalan yg difoto dari lantai atas bangunan. Henri sudah memvisualisasikan komposisi fotonya, seting kameranya juga sudah disiapkan sebelumnya, tinggal nunggu momen sepeda itu nongol untuk melengkapi fotonya.

Kalo anda pernah memancing, anda pasti paham kuncinya itu kesabaran. Semakin sabar, semakin besar peluang dapet ikan yg bagus.

Tapi ya tentu saja ada kemungkinan memancing seharian penuh ternyata nggak dapet satu ekor ikan pun. Jadi, kalo mau pake teknik memancing ini ya enjoy aja, nikmati momen untuk relax.

Program latihan: memancing 30 menit

Cari tempat yg menarik, dg tembok atau background yg unik, siapkan kamera, dan berdiri aja disana 30 menit. Tunggu ada orang yg tepat untuk lewat depan tembok itu, atau menciptakan jukstaposisi dg elemen2 gambar lainnya atau komposisi yg unik. Tips: kalo motret orang sedang melintas di depan tembok, coba tekan tombol shutter ketika kakinya dalam posisi melangkah (seperti huruf v terbalik). Ini bikin foto terasa lebih dinamis, lebih hidup.

Dan jepret foto sebanyak2nya, nggak usah kuatir. Nanti kalo sudah pulang baru disortir mana yg bagus di layar komputer.

7. Zone focusing

Salah satu masalah pd candid street photography (terutama ketika fotografer sedang bergerak cepat, dan subyek juga bergerak cepat) adalah kesulitan menangkap decisive moment dg kualitas foto yg baik – framing nggak miring dan nggak blur. Apalagi kalo pake kamera / lensa yg kurang cepet autofocusnya.

Jadi konsepnya zone focusing itu gini… Coba atur dulu fokus lensa secara manual pd jarak tertentu, misalnya 1 atau 1.5 meter. Kemudian pilih ISO agak tinggi, disarankan 1600. Set kamera ke aperture priority mode (A/Av). Set aperture di antara f/8 sampai f/16 untuk mendapatkan depth of field agak lebar.

Kemudian kalo sudah jalan motret, ambil gambar hanya subyek2 dalam range 1 sampai 1.5 meter, atau atur posisi supaya subyek masuk dalam jarak tersebut. Karena pake ISO tinggi, shutter speed akan jadi relatif cukup cepat untuk menghindari gambar blur.

Program latihan: jangan gunakan autofocus

Coba untuk memotret dg teknik zone focusing untuk seminggu. Nanti coba review foto2 jepretan selama seminggu itu, bisa dapet decisive moment apa aja? Kemudian kalo ternyata anda kurang suka zone focusing, ya balil autofocus lagi gapapa…

8. Kalo ragu, klik aja

Kadang di jalanan ketika kita liat ada scene yg kira2 bakal bagus difoto, muncul keraguan mau motret atau enggak. Kira2 subyek bakal keberatan nggak kalo difoto? Nah di situasi semacam itu, saya sarankan klik aja. Kalo ternyata ada masalah di belakangnya, foto bisa didel. Tapi kalo nggak jadi difoto, ya wes nggak dapet apa apa…

Assignment: Kalo ragu, klik aja

Selalu ingat ini: Kalo ragu, klik aja!

Dan nggak cuman itu, kalo memang nemu scene yg bagus, ambil gambar sebanyak2nya. Jepret foto dari beberapa angle, nggak usah ragu2. Semakin cuek anda dg keragu2an itu semakin besar peluang bikin gambar bagus.

Jadi kurang lebih segitu aja beberapa tips untuk candid street photography yg bisa dishare kali ini di blog ini. Anda punya tips / teknik lain? Silakan tambahkan tips / teknik di form komen di bawah ini.

pengajian afdol agus mustofa

Happy hunting… 😉

4 thoughts on “Beberapa Tips Untuk Candid Street Photography (2)”

  1. boleh juga tuh trik yang kamera, kayaknya emang orang lebih waspada sama jepretan foto dari pada video, jadi pasti dapet candidnya kalo pura2 sooting video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *