smartphone_food_photography

Henfon nggak cuman buat selfie laaah

Gear apa yg paling penting untuk dibawa? Pertanyaan buat fotografer ini punya banyak variasi jawaban, beberapa jawaban paling umum: lensa, ada juga yg bilang kartu memori dan batere cadangan itu penting, atau tripod kalo fotografernya suka landscape. Tapi seberapa banyak fotografer yg menjawab smartphone sbg gear paling penting? Hehe.

smartphone_food_photography

Mari kita bikin daftar manfaat apa aja yg bisa diambil fotografer dari sebuah smartphone:

1. Digunakan untuk light painting

Cahaya putih yg dihasilkan layar henfon cukup soft untuk foto produk2 yg agak kecil, foto mobil2an diecast misalnya. Coba deh motret mobil2an di ruangan yg agak gelap, pake tripod dan long exposure, kemudian gunakan henfon untuk menyinari bagian2 tertentu dari mobil, atau untuk menyinari backgroudnnya. Silakan bereksperimen.

2. Install aplikasi2 pendukung fotografi

Di play store banyak sekali aplikasi pendukung fotografi (walaupun bukan aplikasi kamera lho ya). Misalnya:

  • Suncalc – untuk membaca arah cahaya matahari, penting untuk merencanakan foto2 liburan di tempat wisata yg jauh.
  • Weather Underground – untuk membaca prakiraan cuaca, sama pentingnya juga untuk merencanakan foto2 liburan di tempat wisata yg jauh.
  • Pocket Light Meter – kamu akan suka ini kalo kamu suka fotografi manual, film dan flash.
  • My Tide Times – berguna untuk membaca momen pasang dan surutnya permukaan laut di pantai.
  • Dan masih banyak lagi lainnya. Kalo aplikasi favoritmu apa? Boleh lah sharing di comment yaaa…

3. Untuk mencatat lokasi

Survey lokasi adalah salah satu hal penting yg sering dilakukan fotografer landscape, atau fotografer genre lain juga sih. Kadang pada suatu siang kita jalan2 dan nemu lokasi yg kira2 bakal fotogenik banget kalo sore menjelang maghrib, tapi posisi matahari masih jelek. Henfon bisa sangat bermanfaat buat nyimpan lokasi itu, caranya antara lain:

  • Pasang pin di map – dan kasih catetan info tentang lokasi itu, termasuk hal2 apa saja yg bisa difoto disana, dan jam berapa lokasi itu nampak paling fotogenik.
  • Langsung aja bikin foto sbg catatan visual – saya sendiri beberapa kali lupa lokasi parkir kalo pas ngemall. Setiap dek parkiran sebeneranya punya kode area untuk memudahkan pengunjung nyari mobilnya. Jepret aja kode areanya, kemudian silakan jalan2 dengan tenang.

Kalo menunggu didalam toilet boleh?

A post shared by Eddy Fahmi (@instafahmi) on

4. Untuk sharing foto secara cepat

Menyimpan sejumlah portfolio fotografi di henfon adalah hal pintar. Karena kita nggak tau kapan kita bakal kenalan dg orang baru yg ternyata bakal jadi calon klien potensial kita. Ketika momen kenalan itu, kalo kita sudah siap sangu portfolio, bisa langsung ‘jualan’.

Dan tentu saja sekarang ini jamannya media sosial. Banyak hal yg biasa dishare seketika. Janjian ketemuan sama teman di rak buku sebelah mana di Big Bad Wolf Book Sale Surabaya misalnya. Atau para pekerja jasa titip beli buku perlu mengupdate jumlah stok buku yg masih tersedia pd para kliennya. Agak ribet kalo perlu transfer jpg dulu dari kamera DSLR. Padahal untuk hal2 semacam ini, kualitas foto yg prima nggak dibutuhkan, yg penting informasi segera tersampaikan.

5. Gunakan smartphone sebagai kamera kedua

Smartphone sebagai backup kamera adalah ide bagus. Kalo sudah mbawa kamera DSLR, kenapa masih butuh kamera henfon?

  • Fun shots – kita kerjakan stok foto2 formal pake DSLR, dan hal2 kasual lainnya pake henfon aja.
  • Behind the scenes – kamera DSLR mungkin sedang sibuk duduk di tripod bersama teman2nya para lampu dan reflektor ketika motret makanan di studio. Kamera henfon bisa dimanfaatkan untuk motret kesibukan para peralatan pro itu ketika mereka sedang bekerja.
  • Stealth mode – bisa jadi kamera DSLR itu ukurannya dan suara shutternya terlalu intimidatif, di tempat ibadah atau di dalam perpustakaan misalnya. Selain itu kamera henfon lebih mudah digunakan street photographer buat bikin foto2 candid.

6. Mencatat dan menyimpan daftar foto

Setiap henfon punya aplikasi catetan yg praktis, bisa google keep, atau evernote, atau aplikasi bawaan henfon. Jangan anggap remeh aplikasi notes macem gini. Ini aplikasi perencanaan yg penting. Food blogger misalnya, kalo mau bikin review restoran baru nggak boleh lupa harus punya lengkap stok foto ini:

  • Eksterior gedung restoran
  • Interior ruang makan
  • Menu
  • Makanan dan minumannya, landscape dan portrait
  • Gambar2 pendukung, misalnya kasir, musholla, toilet dan parkiran

Dengan memiliki daftar pre-shoot semacam itu, food blogger jadi lebih fokus dan lebih cepat kerjanya.

7. Apa lagi ya?

Kurang lebih gitu lah beberapa manfaat smartphone yg related dg fotografi. Kira2 apa ada hal lain lagi yg belum tercatat disini? Boleh dong ditambah di form komentar di bawah yaaa…

2 thoughts on “Henfon nggak cuman buat selfie laaah”

  1. Sebagai juru kampanye sosial media, aku seringkali memprioritaskan baterai sebagai paramater pemilihan smartphone.
    Sebisa mungkin pilih baterai dengan kapasitas 3.000 mAh. Karena kapasitas segitu cocok untuk pekerjaanku yang butuh shooting dan capturing seharian. Rasanya nggak acih aja kalau smartphone baru full battery tadi pagi dan sudah harus ditancap lagi ke charger jam 12 siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *