efahmi studio mobile smartphone foodphotography

Tips Fotografi Ponsel

Oke jadi gimana triknya supaya fotografi pake kamera ponsel nggak kalah bagus dari kamera DSLR atau mirrorless?

efahmi barista coffee

Jawabannya…

Secara teknis ya nggak bisa, haha. Gimana2 juga ukuran sensor di kamera smartphone pasaran sekarang ini nggak sebesar sensornya DSLR pasaran. Dan selain sensor, masih ada lagi sejumlah keterbatasan kamera smartphone. Misalnya ga bisa ganti2 lensa.

Anyway kamera ponsel tetap bisa memproduksi gambar yg nggak kalah bercerita dari kamera DSLR atau mirrorless. Gimana?

efahmi konro resoles teh
Perhatikan: Secara teknis, kualitas foto yg di kiri kalah jauh dari foto yg di kanan. Tapi foto yg di kiri punya cerita lebih menarik.

Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Ponsel

Pertama, harus dipahami dulu keterbatasan ponsel itu apa saja? Selain itu, keunggulan apa yg bisa dimanfaatkan? Jadi kalo memang kalah secara teknis hardwarenya, kamera ponsel punya keunggulan status yg selalu available dan ready to shoot.

Fotografer kadang mengistirahatkan kameranya di tas atau di bagasi mobil atau bahkan ditinggal di rumah kalo pas lagi nggak niat moto. DSLR itu besar dan berat. Tapi kalo ponsel, pasti dibawa kemana2, seperti dompet dan ktp. Nah pas terjadi momen fotogenik di depan mata, kamera ponsel sudah siap duluan. Bahkan setelah motret pun, proses editing, kemudian broadcasting ke segala channel social media juga lebih cepat. Nggak perlu lagi buka laptop dulu, transfer foto dari kamera ke laptop, editing, kemudian upload via web. Kelamaan.

efahmi rammangrammang salenrang

Kamera Ponsel Selalu Siap

Kemudian selain bicara momen, ada tempat2 yg nggak mungkin pake DSLR/mirrorless tanpa perijinan ribet. Misalnya tempat ibadah, museum, atau galeri seni. Kamera besar punya potensi menarik perhatian dan mengganggu konsentrasi orang. Lain halnya dengan ponsel. Orang megang ponsel dimana2 adalah hal biasa. Nggak ada yg peduli itu si pemegang ponsel lagi ngobrol di whatsapp atau lagi moto2 candid.

efahmi masjid alakbar

Pastikan Lensa Selalu Bersih

Tips berikutnya untuk fotografi ponsel adalah pastikan lensanya selalu bersih, dan jangan sampek tergores. Karena yg namanya ponsel itu sering keluar masuk tas/dompet/saku, banyak dipegang tangan, ditaruh di sebelah mangkok soto dan sebagainya. Noda minyak/keringat di lensa kameranya bisa bikin gambar jadi jelek. Atau bisa juga malah jadi artistik. Jadi, pokoknya selalu jaga kebersihan, supaya kamera selalu siap dipanggil kerja.

efahmi cafe sovie americano laptop work

Flight Mode

Tips lain lagi ketika motret pake smartphone adalah gunakan flight mode.

Karena konektivitas ponsel itu bisa jadi gangguan ketika kita sedang niat hunting foto. Mosok pas lagi towel2 layar untuk focusing tau2 ada notifikasi tag/mention di instagram. Apa nggak gatel pingin segera ngerespon? … Alamat nggak sido moto la’an rek.

efahmi ohcafe kenjeran foodphotography

Jangan Gunakan Digital Zoom

Kalo memang perlu zoom, gunakan kaki dan lengan untuk maju dan mundur. Karena pada umumnya kamera ponsel yg beredar di pasaran nggak dilengkapi fasilitas optical zoom. Ya memang ada sih ponsel yg kameranya punya optical zoom. Tapi harganya mahal. Dan populasinya cuman dikit. Kalo kamu punya cukup rejeki untuk pake ponsel tipe demikian, alhamdulillah. Kalo enggak, ya nggak masalah.

Kamera/lensa dengan optical zoom memungkinkan fotografer ngambil gambar dengan kualitas paling baik. Sebaliknya digital zoom itu hanya akal2an software kamera yg bikin gambar nampak seolah2 lebih dekat. Semakin jauh ngezoom secara digital, semakin jelek gambar yg diproduksi.

efahmi bigbadwolf smartphone ponsel

Memotret Di Tempat Terang

Usahakan memotret di tempat terang, atau cukup cahaya. Salah satu kelemahan kamera ponsel pasaran yg paling basic adalah kurang bagus dipake motret di tempat gelap. Hasilnya kalo nggak grainy banget, ya blur. Detail2 gambar nggak jelas. Jadi jangan memaksakan diri motret di tempat gelap. Atau apabila memungkinkan, gunakan lampu tambahan.

efahmi studio mobile smartphone foodphotography

Foto Sebanyak-banyaknya

Tips fotografi ponsel lainnya lagi adalah ambil gambar sebanyak2nya. Nggak perlu ragu moto gaya rambo, nggak usah ngirit kayak sniper. Udah nggak jamannya itung2 sisa roll film.

Ambillah gambar dari macem2 angle, secara landscape dan portrait, searah cahaya atau siluet. Kalo nanti banyak yg jelek ya nggak pa pa, tinggal delete aja. Simpan dan upload gambar yg terbaik.

efahmi burst photos

Gunakan Tombol Volume Sebagai Shutter

Tips hardware: mungkin hack yg ini nggak bisa berlaku untuk semua tipe ponsel, tapi apabila memungkinkan, setinglah tombol volume di samping body ponsel jadi tombol shutter kamera. Karena feel-nya mencet tombol fisik itu lebih enak daripada menyentuh ‘tombol’ shutter di layar touch screen. Setuju? Bener kan ya?

Coba Aplikasi Kamera Altenatif

Tips software: secara fungsional, aplikasi kamera bawaan ponsel sudah cukup memadai untuk kebutuhan fotografi standar. Tapi kalo pingin ngincipi efek2 artistik bolehlah coba2 aplikasi kamera 3rd party di google playstore. Banyak banget pilihan yg bisa dijajal disana. Beberapa yg pernah saya coba antara lain ProCapture atau Camera FV-5.

Camera FV-5

Ikuti Lomba Fotografi

Tips andalan untuk belajar fotografi ponsel adalah ikut lomba.

Di instagram tuh banyak info lomba fotografi, pilih kelas/kategori yg memungkinkan kamera ponsel ikut berkompetisi. Tips dari saya untuk ikut lomba foto ini bukan untuk ngarep menang ya.

Soale tips menang lomba foto itu sudah pernah saya share di artikel lain, silakan bongkar archive blog ini tahun lalu untuk artikel itu.

Saya ngasih saran untuk ikut lomba itu untuk kepentingan benchmarking. Karena setelah tau caranya motret pake kamera ponsel, step berikutnya adalah mengukur seberapa bagusnya foto yg dihasilkan? Nah untuk pengukuran itu, perlu dibandingkan dg foto karya fotografer lain. Dan lomba foto adalah medium yg baik untuk itu. Silakan berkompetisi, nggak perlu malu.

Banyak lomba foto yg pendaftarannya gratis, dan kalo menang pun hadiahnya bebas pajak. Ikut aja, nothing to lose.

efahmi lomba foto
https://www.instagram.com/lombafoto/

Nah, udah. Kayaknya segitu aja dulu beberapa tips fotografi yg bisa dishare di artikel ini. Punya tips/trik lain? Please tulis di form komentar di bawah yaaa… Makasih.

5 thoughts on “Tips Fotografi Ponsel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.