SumoPaint Online Image Editor

Image Editor Online

Ini lanjutan dari artikel sebelumnya, Lisensi Photoshop Mahal? Ini Lho Ada Yang Murah. Kali ini kita bahas beberapa alternatif photoshop yg nggak perlu install2 apapun di laptop, cukup kerja via web browser aja: edge/chrome/firefox/etc.

Keunggulan image editor versi online ini adalah kita bisa kerja dimana saja, mau numpang pinjam komputer orang pun bisa. Karena ya itu tadi, nggak perlu install apapun. Tinggal buka browser, upload foto yg mau diedit, editing seperlunya saja, kemudian gambar hasil editan pun nanti bisa disimpan di cloud. Masalahnya satu, kita butuh koneksi kencang untuk pekerjaan ini.

Internet cepat buat apa?
Buat kerja pak!

Oke, kalo soal kelancaran koneksi internet sudah bukan masalah lagi buat kamu, mari kita coba satu satu image editor versi online ini…

Pixlr Online Image Editor

Pixlr Editor

Pilihan pertama adalah Pixlr, alternatif untuk memenuhi kebutuhan editing foto mulai level simple sampai ke moderate. Pixlr punya sejumlah fasilitas editing yg kurang lebih sama dengan photoshop, tapi lebih sederhana. Dan lebih cepat dipelajari, karena imho tutorialnya ‘gampang’ dibaca. Bahkan kalo dirasa masih terlalu ruwet, kita bisa ganti pake Pixlr Express dg keunggulannya: one-click edits.

Foto yg mau diedit pake Pixlr bisa diupload dari storage di laptop, atau yg menarik: kita bisa comot gambar online kalo tau url ke gambar tersebut. Ini adalah feature yg sangat berguna untuk menghemat waktu pas kita perlu sat set kerja cepat untuk konten online di media sosial.

Kekurangannya apa? Exposure iklan tentu saja. Dan memang ada sejumlah tool manipulasi gambar kelas ‘advanced’ yg ada di GIMP atau Photoshop nggak ada di Pixlr. Tapi imho, untuk kebutuhan umum fotografer, Pixlr ini sudah cukup oke lah.

SumoPaint Online Image Editor

SumoPaint

SumoPaint adalah image editor online yg menurut saya lebih ke drawing-oriented gitu. Jadi dia punya keunggulan untuk efek2 digital imaging yg lebih kreatif daripada sekedar ngoreksi white balance atau narik2 curve. Di SumoPaint ini banyak editing tools yg gampang dipelajari, tutorialnya juga lumayan jelas dan detail. Buat kamu yg suka dan terbiasa bermain2 dg tablet mungkin akan senang sama SumoPaint ini.

Buat penggemarnya, SumoPaint juga tersedia versi offline dan bebas iklan. Boleh didownload dg langganan 2 dollar saja per bulan.

Aviary Online Image Editor

Aviary

Aviary adalah image editor versi online dan versi mobile. Ya, ada aplikasi yg bisa diinstall di henfon juga. Aviary ini cukup enteng untuk kebutuhan editing basic, dan jadi pilihan paling cocok kalo kamu sering kerja bikin konten untuk media sosial. Interfacenya cukup simple, dan punya tools cukup banyak mulai dari obat jerawat sampai bikin bokeh palsu.

Karena Aviary ini banyak digunakan untuk kebutuhan media sosial, kita juga dapat fasilitas buat bikin meme. Mau pasang sticker2 juga banyak pilihan. FYI: sampai saat ini Aviary gratis tanpa iklan. Developernya ngambil keuntungan dari penjualan sejumlah efek foto di aplikasi.

Jadi ya gitu deh, kurang lebih segitu saja beberapa alternatif editor foto versi online yg bisa dishare di post ini. Artikel berikutnya insyaa allah kita bahas editor foto versi mobile app. Apa kamu pernah pake editor foto online lain? Boleh laaah sharing cerita2 di form komen di bawah sini, sapa tau ada alternatif yg lebih menarik. Thank you.

2 thoughts on “Image Editor Online”

  1. Kalo saya pake Snapseed untuk memoles foto dikit2 sebelumg diupload ke jejaring sosial. Lebih cepat karena habis foto pake kamera, transfer ke hp, trus diedit dan langsung bisa diupload saat itu juga.

    Namun jika untuk kebutuhan yang lebih profesional menggunakan Adobe Photoshop. Hasil mantap tapi butuh waktu agak lama untuk melakukan editing foto karena harus dilakukan di rumah

    1. Iya, untuk mobile saya juga sering pake snapseed. Eh ini rencana nulis image editor versi mobile juga sih, tapi masih belum sempat upload, hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.