tips menang lomba foto

9 Tips Menang Lomba Foto

Lomba fotografi adalah wadah bagi banyak fotografer untuk mengukur skill-nya, jembatan untuk bisa eksis di komunitasnya, dan tempat mendapatkan pengakuan formal atas karyanya.

Masalahnya, penilaian di lomba fotografi bisa jadi sangat subyektif. Karya foto yg secara visual sebenernya sudah perfect bisa jadi dikalahkan foto lain yg terasa lebih ‘punya cerita’ atau yg ‘punya emosi’. Nah terus gimana caranya menang di suatu lomba foto?

tips menang lomba foto
(foto oleh dodo hawe)

Masing2 lomba foto punya aturan main sendiri2. Mungkin beberapa tip di bawah ini nggak cocok dg lomba yg akan anda ikuti. Tapi secara umum, kira2 saya bisa berbagi 9 poin penting:

1. Pilih2 lomba

Nggak perlu memaksakan diri ikut segala sayembara foto, pilih yg kira2 peluang menangnya agak gedean. Kalo misalnya anda terbiasa dg foto landscape mungkin kalah cepat nangkep ‘fleeting moments’ di lomba street photography. Fotografer street juga mungkin nggak siap gear lampu2 dan reflektor di lomba foto model. Kalo punya drone, bisa jadi keunggulan di lomba foto landscape/arsitektur. Lensa tele bisa dimanfaatkan untuk lomba foto wildlife. Jadi silakan pilih niche favorit dan fokus disana.

2. Berdoa dulu

Di lomba yg penjuriannya subyektif, faktor luck punya posisi penting. Untuk memaksimalkan itu, bisa dibantu dg doa.

3. Pelajari dg teliti aturan main

Kalo syarat dan ketentuan lomba bilang nggak boleh editing, jangan edit. Kalo batas pengiriman foto tanggal 10, jangan dikirim tanggal 11. Mungkin buat beberapa orang tip ini adalah hal yg sepele, tapi saya rasa perlu diperhatikan. Jangan sampek kalah sebelum berlomba.

4. Kenali siapa jurinya

Sekali lagi, lomba fotografi itu penilaiannya subyektif. Makanya penting untuk kenal siapa jurinya, bagaimana latar belakangnya, dan seperti apa selera fotonya? Kalo misalnya yg jadi juri itu Steve McCurry yg berlatar belakang jurnalistik, foto yg anda ikutkan lomba sebaiknya punya cerita yg kuat untuk membantu visualnya. Caption foto juga bisa dimanfaatkan sebagai elemen pendukung. Nah kalo misalnya Nicoline Patricia Malina yg jadi juri, usahakan punya tata lampu komplit, sewa studio dan model kalo perlu. Kalo ada lomba dg juri Eric Kim, pastikan ngintip view finder dg teliti, karena komposisi foto harus perfect, geometris.

5. Kenali siapa pihak penyelenggara lomba

Pihak ini yg punya duit buat hadiah lomba. Pihak ini yg punya kepentingan mau dipake untuk apa foto2 yg diikutkan lomba. Misalnya ada perusahaan developer properti bikin lomba foto arsitektur, pasti developer tersebut mengharapkan foto yg cantik untuk kepentingan marketingnya. Jadi pintar2lah bikin foto yg bisa meraih hati mereka.

Bisa jadi, foto anda nggak menang lomba, tapi dibeli untuk bahan marketingnya.

6. Datangi lokasi sebelum lomba

Supaya tau angle2 mana yg kira2 fotogenik di lokasi itu. Perhatikan juga cahaya datang dari arah mana. Kapan tempat itu rame/sepi. Dan merencanakan detail2 kecil yg mungkin bermanfaat secara visual.

Ketika momen lomba tiba, anda sudah tau harus berdiri dimana dan gambar apa yg mau dijepret.

7. Bikin rencana mau bikin foto apa

Setelah anda datangi lokasi lomba foto, PR yg harus dikerjakan adalah membuat perencanaan foto. Kalo mau nangkep light trail, anda harus naik ke jembatan penyeberangan. Anda juga harus tau mau berdiri dimana di atas sana. Kalo lokasi pemotretan lomba ternyata di pasar yg sempit silakan cari pinjeman lensa wide.

Silakan merencanakan gambar yg unik dari hasil survey anda. Kalo nggak sempat survey, kemungkinan besar anda akan menangkap gambar yg gitu2 aja dari angle yg itu2 lagi. Pasaran.

Karena untuk menang lomba foto itu nggak cuman harus bagus, tapi juga harus unik, menonjol, menarik perhatian juri, something stands out from the crowd.

8. Siapkan alat2 pendukung

Kenali lomba yg akan diikuti, butuh tripod nggak? Atau butuh lampu flash off shoe? Perlu bawa cangkir dan piring porselen cantik? Atau sebaiknya ngajak model untuk kerja sama?

9. Gunakan seluruh waktu

Usahakan untuk datang ke lokasi lebih awal, dan pulang lebih akhir. Jangan buru2 puas setelah mendapatkan gambar yg bagus. Bisa jadi gambar yg lebih bagus datang 2 menit setelah anda meninggalkan lokasi. Jadi kalo batas waktu lomba fotonya jam 12 siang ya maksimalkan waktu sampai jam 12 pas untuk membuat foto yg bagus.

Kira2 demikian tips memenangkan lomba foto yg bisa saya share di blog ini. Saya nulis ini bukan berarti saya jago foto yg menang banyak lomba. Saya buat catatan ini sekedar buat pegangan kalo besok saya ikut lomba foto lagi.

Anda punya tips lain yg belum tertulis di post ini? Boleh lah kasih tambahan di form komentar di bawah.

5 thoughts on “9 Tips Menang Lomba Foto”

    1. Bisa jadi, kalo kesepakatannya sistem bagi hasil gitu. Ada juga model yg menetapkan tarif fix untuk setiap sesi pemotretan. Atau ada kesepakatan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *