motor rider

The 100 Strangers Project

Gimana perasaan anda kalo diminta motret wajah orang asing? Apakah cukup nyaman dan pede? Atau sebaliknya anda buru2 njepret fotonya dan kabur sebelum orang itu sadar sedang dipotret? Pada umumnya, fotografer akan merasa kurang nyaman motret orang asing di ruang publik.

Akan muncul banyak pikiran ‘what if…’ kemudian fotografer semakin nggak pede dan batal motret orang asing. Gimana kalo orangnya marah2, bahkan mukul, atau mbanting kamera? Gimana kalo urusan fotografi sampek dibawa ke kantor polisi? Gimana kalo… dsb.

motor rider

FYI: Kenyataan di lapangan, kalopun ada penolakan dari orang yg difoto, paling cuman diminta delete fotonya, atau ditanya foto buat apa? Dan paling banyak justru orangnya pergi menghindar aja.

Kalo sempat browsing2 sejumlah channel fotografi di internet, flickr misalnya, gampang ditemui banyak fotografer yg bisa dengan pedenya motret orang asing di jalanan. Motret preman dg tato paling sangar pun. Apa mereka nggak pernah ngalami konflik di luar sana? Nggak pernah dimarahi orang?

spg

Ada program latihan untuk mereka yg pingin moto lebih berani, lebih pede, dan bisa senyum lebih manis pada orang asing. The 100 Strangers Project adalah tantangan personal untuk mendekati 100 orang tak dikenal, kemudian minta ijin untuk memotret mereka.

The 100 Strangers Project tidak selesai dg berhasil mengambil foto mereka saja. Partisipan program latihan ini diminta melakukan dialog ringan / basa basi untuk mendapatkan sekadar info siapa orang yg dipotret atau sedikit latar belakang mereka. Ini untuk melengkapi cerita ketika menyelesaikan the 100 strangers project. Cerita yang melengkapi masing2 potret itu biasanya nggak kalah menarik daripada potretnya sendiri.

markobar

Program latihan ini adalah kombinasi dari pembangunan skill teknis fotografi dan skill sosial untuk fotografer. Pada awalnya, adalah hal biasa kalo fotografer mengalami grogi atau ketakutan2 nggak jelas tentang penolakan di luar sana, tapi kalo sudah dapet 80 atau 90an potret pastinya sangat gampang untuk menyelesaikan proyek potret 100 orang asing ini.

Carl's Jr Bro

Gimana dg anda? Tertarik nggak ikut bikin galeri untuk 100 strangers project ini? Atau sudah ada yg ngerjain proyek ini? Please share alamat galeri anda di komen di bawah ini… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *